PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwi Cahaya Nurani STKIP Muhammadiyah Batang
  • Yanuar Akhmad STKIP Muhammadiyah Batang
  • Fahmi Surya Adikara STKIP Muhammadiyah Batang
  • Mar’atul Faida STKIP Muhammadiyah Batang
  • Ana Tri Dewi Maghfiroh STKIP Muhammadiyah Batang
  • Toni Aji STKIP Muhammadiyah Batang
  • Dede Permana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/pure.v1i2.15

Keywords:

karya tulis ilmiah, keprofesionalan guru, pelatihan dan pendampingan

Abstract

Profesi guru membutuhkan kemampuan menulis untuk menunjang perkembangan karir dan untuk tetap belajar sehingga guru wajib menulis karya ilmiah. Namun, dalam kenyataannya kemauan dan kemampuan guru untuk menulis karya ilmiah masih perlu ditingkatkan. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Sekolah Dasar di daerah Kabupaten Batang dan sekitarnya untuk meningkatkan kemampuannya dalam menulis karya tulis ilmih, yang kita fokuskan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan yaitu melalui acara workshop dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bai guru Sekolah Dasar di Kabupaten Batang dan sekitarnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama pemaparan materi oleh trainer mengenai karya tulis ilmiah. Tahap kedua yaitu kegiatan penulisan karya tulis ilmiah yang dilakukan oleh semua peserta dengan didampingi oleh para trainer. Program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Batang telah terlaksana dengan sangat baik dan mendapatkan kesan positif dari semua peserta yang mengikuti program tersebut. Adanya program pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah ini dirasakan sangat bermanfaat oleh peserta, karena melalui program ini guru-guru (peserta) yang mengikuti program ini mendapatkan ilmu baru dalam pembuatan karya tulis ilmiah, khususnya pada pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dirjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama. 2005. Pedoman. Penulisan Karya Ilmiah Guru. Jakarta: Departemen Agama RI.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 84/1993 Jurnal Puruhita Volume 1 No. 1 Februari 2019 59 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan kebudayaan dan Kepala BAKN Nomor 0433/P/1993, nomor 25 tahun 1993 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Kusmaydi, Ismail. (2011). Guru juga Bisa Menulis. PT Reka: Ciganjur, Jaksel.

Ludiana, Fitriyah. (2012).Hambatan Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah Di Kecamatan Kebasen Kota Banyumas.Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhali, Asy’ai, M., Prayogi, S., Samsuri, T., Karmana, I.W., Sukarma, I.K., Mirawati, B., Firdaus, L., & Hunaepi. (2019). Pelatihan Kegiatan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 1 (01), 28-36.

Sari, M., Dafrita, I.E., Darmawan, H., Trisianawati, E., Sulistyani, H., & Nawawi. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Bagi Guru MGMP IPA Kabupaten Mempawah. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3 (2), 170-179.

Slameto. 2016. Penulisan artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas. Scholaria,6 (2), 46-57.

Suandi, I Nengah. (2008). Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA EDISI Khusus Th XXXXI, 510 – 531.

Subaidi & Nasuka, M. (2018). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi para Guru Madrasah Tsanawiyah. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 4 (2), 112-118.

Sukarno. (2016). Kendala dan Upaya Pengembangan Keprofesian Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Penulisan Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 601 – 610.

Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi, 1(1), 1 – 7.

Sutrisno & Zuhri, M,S. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Dedicators Community, 3 (1), 53-61.

Published

2021-12-31

How to Cite

Nurani, D. C., Akhmad, Y., Adikara, F. S. ., Faida, M., Maghfiroh, A. T. D. ., Aji, T., & Permana, D. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR. PUCUK REBUNG: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(2), 130-141. https://doi.org/10.33578/pure.v1i2.15

Issue

Section

Articles