PENDAMPINGAN KEPADA SISWA UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33578/pure.v1i2.29Keywords:
pendampingan belajar, motivasi, reward, ice breakingAbstract
Pendampingan belajar menjadi kebutuhan primer bagi para siswa yang sudah sangat jenuh dalam menghadapi belajar daring. Kegiatan pendampingan belajar akan mampu menaikkan motivasi siswa dalam belajar. Maka dengan itu disusunlah program yang dapat membantu mitra, yaitu siswa/i di SDN Sangkanwangi 1 dengan matode pendampingan yang bersifat santai dan menyenangkan. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan secara rutin di SDN Sangkanwangi 1 selama 30 hari. Kegiatan ini meliputi, pemberian motivasi, materi, tanya jawab, permainan dan reward bagi siswa/i yang aktif mengikuti. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kejenuhan siswa dalam belajar daring di masa pandemic
Downloads
References
Abduh. (2015). Mempelajari Ice Breaking dalam belajar. In PT. Bimi Nosantara.
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Contesa, D. (2019). Hubungan Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. https://mahasiswaindonesia.id/hubungan-orang-tua-dengan-minat-belajar-siswa-pada-masa-covid-19/.
Dan Agoes Kamaroellah, S. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Smpi Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1), 43. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i1.2960
Dewi Yana, Hajidin, Intan Safiah. (2016). PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENTSEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS V DI SDN 15 LHOKSEUMAWE. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume, 1(2), 11–18.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.
Hidayah, N. (2020). TANTANGAN KEBIJAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI COVID 19. Majelis Pendidikan Aceh, 14(2).
Istikomah, I., & Sutiyah, P. M. (2020). PENGGUNAAN PERMAINAN ICE BREAKING MIX AND MATCH DAN IF THEN DALAM MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS 5 DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN 2018/20191. Jurnal Candi, 20(1), 32–45.
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilian). Alfabeta.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosda karya.
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) UNESA, Pioneer Karanganyar. J+ PLUS, 6(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Pudin, Ratna Dewi, Rifki Arif Nugraha, Salman Sunardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.