PENINGKATAN MINAT BACA ANAK MELALUI PROGRAM SEHARI BERSAMA SELEB (SELEMBAR BUKU) DI DESA JONGGOL JAMBON PONOROGO

Authors

  • Sendyta Meilani IAIN PONOROGO
  • Mughniatul Ilma IAIN PONOROGO

DOI:

https://doi.org/10.33578/pure.v1i2.26

Keywords:

reading, book, children

Abstract

Kegiatan penelitian ini didasarkan pada rendah dan kurangnya minat baca anak-anak Desa Jonggol Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti dengan melihat kondisi anak-anak Desa Jonggol dan melalui wawancara salah satu orang tua anak-anak Desa Jonggol. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuh sadarkan minat baca siswa terhadap budaya literasi baca pada anak usia Sekolah Dasar di Desa Jonggol Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Program kerja Sehari Bersama Seleb (Selembar Buku) ini menggunakan pendekatan berupa metode penelitian ABCD (Asset Bcased Community Development). Penggunaan metode ini untuk memberdayakan masyarakat dengan potensi yang sudah ada pada mitra dampingan. Hal yang menjadi prioritas penelitian ini adalah penumbuhan minat baca pada anak-anak Desa Jonggol Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Hasil dari program Sehari Bersama Seleb ini adalah menunjukkan adanya perubahan yang signifikan pada anak-anak Desa Jonggol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku Profil Desa Jonggol

Dina Maharani, Ony, Kisyani Laksono, and Wahyu Sukartiningsih. “MINAT BACA ANAK-ANAK DI KAMPOENG BACA KABUPATEN JEMBER” 03. No.01 (January 2017).

Effendy, Muhadjir. KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Elendiana, Magdalena. “Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar” 02, No.01 (2020).

Hari Swasono, Muh. Aniar, An Immatus Sa’diyah, Risdia Eka Nia Fitri, and Rohmania Hidayanti. “Membangun Kebiasaan Membaca Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program Satu JamTanpaGawai Di Griya Baca Desa Karangrejo” 01, No.02 (2020).

Irna. “Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga.” STKIP Muhammadiyah Bogor Vol.01, No.01 (2019).

Lutfi, Aida Sumardi, Farihen, and Gina Ilmia. “Pendampingan Kegiatan Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19,” n.d., 2020.

Mahmudah, Nurul, and Supiah. “PEMBERDAYAAN PADA ANAK-ANAK GANG DOLLY DI SMA ARTANTIKA SURABAYA DENGAN METODE ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT” 01. No. 01 (Desember 2018).

Maulana, Mirza. “ASSET - BASED COMMUNITY DEVELOPMENT?: Strategi Pengembangan Masyarakat Di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang” 4. No.02 (Desember 2019).

“ASSET - BASED COMMUNITY DEVELOPMENT?: Strategi Pengembangan Masyarakat Di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang” Vol.04, No.02 (Desember 2019).

Mualimah, Eka Nurul, and Usmaedi. “PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN KUBANGLABAN” 04, No.1 (2018).

Muslimin. “PENUMBUHAN BUDAYA LITERASI MELALUI PENINGKATAN MINAT BACA MASYARAKAT DESA” 01. No.01 (February 2018).

Pramesti, Fitria. “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD” 02. No.03 (2018).

Shofaussamawati. “MENUMBUHKAN MINAT BACA DENGAN PENGENALAN PERPUSTAKAAN PADA ANAK SEJAK DINI” Vol.02, No.01 (June 2014).

Tahmidaten, Lilik, and Wawan Krismanto. “Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya)” 10 (2020): 01.

Published

2021-12-31

How to Cite

Sendyta Meilani, & Mughniatul Ilma. (2021). PENINGKATAN MINAT BACA ANAK MELALUI PROGRAM SEHARI BERSAMA SELEB (SELEMBAR BUKU) DI DESA JONGGOL JAMBON PONOROGO. PUCUK REBUNG: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(2), 79-88. https://doi.org/10.33578/pure.v1i2.26

Issue

Section

Articles