Pemberdayaan Masyarakat Pulau Karomah, Sukajadi, Pekanbaru Melalui Program Pengembangan Bimbingan Belajar

Authors

  • Lailaturrohmaniyah Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Yola Damitra Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Vanisa Akila Zahra Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Mora Deviyanti Marpaung Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Mario Lorenzo Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • R. Indrasaputra Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Cici Andriani Claudiah Sitinjak Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Feby Tiodora Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Aisyah Evlina Jamil Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • M. Iqbalramadhan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Afrianto Daud Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/pure.v3i1.p51-61

Keywords:

bimbingan, bahasa Inggris, produktif, sdm

Abstract

The people of RW 02, Pulau Karomah, Sukajadi District, Pekanbaru, and Riau are less aware of the importance of increasing the potential around them. The potential in this context is in terms of quality human resources that are supported by education in practice. One of the programs that the team focuses on is English Tutoring. This program aims to conduct superior, productive, and competitive Human Resources and increase children's motivation to pursue education to compete in the future. The enthusiasm of the children who participated in the tutoring program and the support from the surrounding community were the result of the implementation of this program.

References

Noermanzah, N., Abid, S., & Aprika, E. (2018). Pengaruh Teknik Send a Problem terhadap Kemampuan Menulis Daftar Pustaka Siswa Kelas Xi SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran doi:10.31539/kibasp.v1i2.273 (KIBASP), 1(2), 172.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30-34.

Rosaria, D., & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt. 31

Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 2(2).

Published

2025-11-25

How to Cite

Lailaturrohmaniyah, Damitra, Y., Akila Zahra, V., Deviyanti Marpaung, M., Lorenzo, M., R. Indrasaputra, … Daud, A. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Pulau Karomah, Sukajadi, Pekanbaru Melalui Program Pengembangan Bimbingan Belajar . Pucuk Rebung: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 3(1), 51–61. https://doi.org/10.33578/pure.v3i1.p51-61

Issue

Section

Articles